INI GAMPANG-GAMPANG susah. Ketika personil sudah terkumpul, band sudah terbentuk, ternyata masih kelimpungan mencari nama band. Selain musikalitas, memilih nama band itu sebenarnya salah satu “riatual” yang seru dan asik. Karena salah pilih nama, bisa-bisa bukan keberuntungan yang didapat, tapi malah malu. Tapi jangan kuatir, banyak nama band yang aneh-aneh karena justru mudah mendapat perhatian juga.

Yang paling penting, selain merefleksikan semua personil dalam band, juga merupakan personifikasi dari visi dan tujuan kalian ngeband. Lalu bagaimana sih mendapat nama band yang tepat. Tidak perlu kok datang ke ahli fengshui untuk menemukan nama yang hoki, tapi yakini bahwa nama itu mewakili karakter kalian.

Berikut adalah beberapa ide tentang bagaimana mendapatkan kreativitas dan menemukan nama yang sempurna band kamu. Ini bukan harga mati ya, tapi bisa jadi guideline saja untuk mencari nama band.

• WARNA
Menggunakan pilihan warna adalah cara yang paling sederhana untuk mencari nama band. Warna punya karakter yang mudah disesuaikan dengan warna lagu, karakter vokal, atau model lirik yang dikedepankan. Misalnya ada band bernama Ungu, Putih, Biru, Cokelat atau mungkin Merah. Gampang diingat dan mudah dicari filosofinya.

• BAHASA LOKAL
Banyak bahasa daerah yang menarik dan punya arti bagus. Selain unik, biasanya bisa menjadi ciri darimana band itu berasal. Kalau band luar, mungkin terdengar keren dengan menyebut kampung halamannya, seperti Texas, Florida. Tapi band Indonesia masih jarang membuat band dengan embel-embel lokasi, seperti Jakarta, Bandung, Semarang, Medan, sebagai nama band. Nah, ngakalinnya adalah dengan idiom-idiom dan bahasa lokal yang mudah dan punya artis bagus tentu saja.

• BUKU, FILM, HOBI ATAU ART
Menggunakan buku, film atau art sebagai referensi nama band juga tidak salah. Banyak nama band diambil dari kisah-kisah dalam film, Sajama Cut, Black Dahlia Murder atau Pink Panther. Saran saya, cari nama yang sesuai dengan karakter band kamu. Nama tidak pasaran itu penting, tapi jangan sampai juga orang malah kerepotan ketika mengucapkan. Simpel, mudah, lugas dan punya makna yang dalam. Bisa juga kamu beri nama dari hobi kamu. Mungkin kamu hobi main game, skateboard atau olahraga.

• KATA-KATA INTRIK
Kata-kata yang tidak biasa, akan menarik jika bisa dikombinasikan dengan frase lain yang pas. Siapa yang sangka kata Seringai bisa jadi nama band? Atau Besok Bubar? Bagaimana dengan Bagaikan dan Pagi Hari? Intinya adalah menarik perhatian. Tapi lagi-lagi jangan “keberatan” nama juga. Namanya keren tapi ternyata musikalitasnya kacangan. Yang ada malah diketawain nanti.

+++

Banyak cara untuk mencari nama band. Apa yang saya tulis ini adalah benang merah dari band-band yang pernah saya wawancara. Paling tidak mereka tahu, apa makna dan filosofi nama band yang mereka usung. Bukan sekadar gengsi, keren dan bagus namanya, tapi juga sarat visi yang bisa membawa band ke arah sukses. Konon, nama band itu juga doa loh…..

*ditulis oleh djoko moernantyo, editor in chief http://www.kanalmusik.com di Jakarta