Posisinya unik, salah satu co-founding father, dipecat karena wajahnya dianggap “terlalu persegi” kemudian menjadi road manager. Sayang, kariernya kemudian terpupus, “napas” di band legendaris ini seperti dihilangkan. Sebagai kibordis, Ian Stewart nyaris tak punya ruang eksplorasi yang memadai, meski ada jejak peninggalan karyanya. 

“personel pertama The Rolling Stones – 1962”

STU –begitu pemilik nama lengkap Ian Andrew Robert Stewart biasa dipanggil—bukan pemilik darah Inggris tulen. Dia lahir di Kirklatch Farm, Pittenweem, East Neuk, Fife, Skotlandia, 18 Juli 1938. Empat bulan kemudian, orangtuanya kemudian pindah ke Sutton, Surey, Inggris. Tak mau meninggalkan darah Skotlandianya, Stu biasanya menyelipkan aksen uniknya saat manggung.  Bakat berrmusiknya sudah terlihat dari kecil, ketika pada usia enam tahun sudah gape main piano. Makin dewasa, Stu mulai tertarik dan mengembangkan diri bermain di area boogie woogie music, salah satu aliran dalam blues yang muncul di tahun 1930an.

Sebelum akhirnya melahirkan The Rolling Stones, Stu adalah satu-satunya personel yang punya pekerjaan tetap selain ngeband. Stu berkarier di Imperial Chemical Industries.  Yang menarik, ketika itu hanya Stu yang punya telepon meski nebeng  di kantornya. Jadi beberapa kali, dia menerima order manggung lewat teleponnya. “Meja kerjaku  adalah markas The Rolling Stones,” ujar Stu. Bahkan untuk mendukung bandnya, Stu membeli mobil van untuk mengangkut alat-alat band dan personel kalau dapat order manggung.

Oh ya, Stu termasuk pendiri awal. Ceritanya adalah iklan Brian Jones di Jazz News 2 Mei 1962, yang mencari personel untuk membentuk band blues. Setelah Stu, sebulan kemudian bergabunglah Mick Jagger [vokal], dan Keith Richards [gitar], sebelum menyusul Dick Taylor [bass], dan Mick Avory [drum]. Manggung pertama formasi ini di Club Marquee, 12 Juli 1962 dengan nama The Rollin’ Stones [tanpa huruf G –red]. Richard terkesan dengan permainan piano Stu ketika itu. “Aku belum pernah melihat permainan boogie woogie seperti itu sebelumnya,” kata Richards. Sayang personel awal ini tidak awet, Dick Taylor dan Mick Avory hengkang, digantikan oleh Bill Wyman dan Charlie Watts, yang masuk medio Januari 1963.

Nah kemudian muncullah “masalah” ketika manajer awal, Andrew Loog Oldham, mengatakan rahang persegi Stu tidak cocok jadi personel band. Selain itu –masih menurut Oldham—enam orang di band terlalu penuh. Stu ditawarkan untuk jadi road manager dan piano player untuk rekaman saja. [bersambung]