Disebut-sebut sudah ‘bubar’, Element malah merilis album baru. Tak baru-baru amat, karena hanya ada dua lagu baru, selebihnya hanya aransemen dan bintang tamunya yang baru. Kepada penulis, Didi Riyadi [drum], Ferdy Tahier [vokal], Ibank [bass],  Fajar [kibor], Arya [gitar] membantah ‘beronani musikal’ paska hiatus lima tahun. “Ini masterpiece,” kilah mereka.

"element band ketika merilis album terakhirnya."
“element band ketika merilis album terakhirnya.”

Sebenarnya kalian sudah punya sejarah apik sebagai band, tapi kini malah bikin sejarah baru yang belum tentu hasilnya menyenangkan. Apalagi yang kalian cari?

Sejarah Element itu tidak pernah berhenti. Benar, kami dikenal dengan kisah dan lagu-lagu yang disukai. Tapi ketika kami hiatus selama lima tahun, ternyata masih banyak fans yang mengikuti dan menanyakan perkembangan kami. Dengan berbagai pertimbangan, termasuk musik kekinian, Element coba hadir dengan album terakhir yang fresh, elegan, dan diharapkan jadi cerita dan sejarah baru yang tidak kalah apik.

Album terakhir?

Betul. Album yang kami beri judul ‘Save The Best For Last’ ini merupakan album terakhir Element. Benbar-benar terakhir, tidak ada album lagi nanti, karena kami akan mempersiapkan diri di tempat lain. Karena terakhir, kami membuatnya dengan maksimal. Dari aransemen, nyaris semua aranjer hebat kami libatkan seperti Andi Rianto, Indra Q, Andy Ayunir, dan Fajar Budiman. Secara cost, album ini juga makan biaya yang lumayan besar. Tapi secara hasil, kami semua puas, karena seharusnya dari dulu kami sudah melakukan hal ini.

Ini seperti dendam lama atau hanya ‘onani musikal’ ketika industri tak bisa Element tebak lagi?

Ini permintaan fans sebenarnya. Selama kami vakum, banyak banget yang menanyakan kelangsungan Element dan album barunya. Selain itu dibilang dendam lama juga bisa, karena dulu kami kan terbentur dengan industri yang mengharuskan kita begini begitu. Sekarang, ketika kami benar-benar independen, semuanya kami tumpahkan seperti yang kami mau, tapi tetap tidak menghilangkan warna Element-nya.

Oke, akhirnya Element yang senior-senior ini akan undur diri. Lalu apa yang sedang kalian rencanakan kemudian. Kalau kelak kalian muncul-muncul lagi, berarti menjilat ludah sendiri dong?

Memang, kami sudah merencanakan setelah album terakhir ini, mundur dan menjadi orang-orang di belakang layar. Impian Element selanjutnya adalah melahirkan Element-Element Junior di industri musik. Artinya, kami ingin mengorbitkan musisi atau artis baru sesuai dengan kriteria yang kita inginkan. Bagaimanapun, musik sudah jadi hidup kami, jadi apapun yang dilakukan, pasti masih berhubungan dengan musik juga.