Terkadang saya penasaran, bagaimana sebenarnya sejarah musik dan alat musik itu lahir. Gampang saja sih,  di Google menyediakan banyak informasi dan referensi yang saya butuhkan. Entah penting atau tidak, beberapa literature itu saya kemas dalam gaya saya. Berguna? Entahlah, saya hanya sekadar berbagi wawasan. Semoga sih jadi bermanfaat.

"perkusi adalah alat musik pertama yang dikenal manusia kuno"
“perkusi adalah alat musik pertama yang dikenal manusia kuno”

DALAM salah satu catatan prasejarah, khususnya tentang musik, ditemukan bahwa [mungkin] bentuk paling awal dari musik itu basic-nya adalah drum. Mengapa? Karena sebagai ritual, alat music perkusi yang paling mudah dicari dan dilakukan adalah batu atau tongkat. Ketika era animisme dan dinamisme masih menjadi bagian kuat manusia. Tentu saja kita belum menemukan notasi atau komposisi yang hanya bisa diekstrapolasi dari musik-musik kuno yang menjalankan praktik agama kuno juga.

Perkembangan yang cukup evolusioner, ditemukan pada orang Mesir. Diperkirakan tahun 4000 SM, mereka telah menciptakan kecapi dan seruling. Bahkan juga ditemukan alat musik semacam clarinet. Di Denmark, 2500 SM, bentuk awal dari sangkakala [leluhur terompet –penulis], juga sudah dibuat. Dikenal dengan sebutan ‘Terompet Alam’, yang memainkannya bermuara pada manipulasi bibir untuk mengubah pitch.

Nah, revolusi penemuan alat musik, mungkin yang paling popular tahun 1500 SM oleh orang Het. Mereka menemukan alat musik yang kelak disebut gitar. Sudah menggunakan frets untuk mengubah pitch dari string.  Sementara Pada 800 SM komposisi rekaman music pertama ditemukan. Itu ditulis dalam cuneiform dan himne keagamaan. Perlu dicatat bahwa itu bukan tipe notasi musik. Sementara 700 SM ada catatan dari lagu yang mencakup vokal dengan instrumental. Ini menambahkan dimensi baru musik: iringan.